Tips Perawatan dan Mencuci Sepatu

Related image

Seperti apa mencuci yang baik? Ini yaitu pengetahuan yang sebenarnya harus kamu tahu dan kuasi karena setiap kali kamu beli sepasang sepatu, kamu tidak akan memperoleh tanda petunjuk atau manual book bagaimana caranya membersihkan sepatu itu, bukan? Jadi, artikel berikut ini akan sangat menyelematkan sepatu sepatu yang kamu punyai.

Semakin kamu rajin menjaga sepatu maka makin awet kwalitas sepatu kamu. Sedikit orang tahu seperti apa cara membersihkan sepatu yang baik, walau sebenarnya sepatu yaitu item fashion yang sangat mendukung di setiap tampilan kamu. Jadi, tahu cara menjaga dan cara bersihkan sepatu sama sebaiknya dengan melindungi pentingnya melindungi tampilan Kamu.

Lain type sepatu maka lain juga cara membersihkan sepatu safety. Biasanya orang mecuci sepatu seperti membersihkan pakaian, walau sebenarnya beberapa type sepatu mungkin dapat dilakukan separti itu tetapi beberapa banyak berbeda, kesalahan membersihkan sepatu akan bikin sepatu jadi cepat rusak.

Jadi seperti apa cara membersihkan sepatu yang baik? Yuk, simak artikel dibawah ini. Ini akan sangat bermanfaaat untuk kamu.

Biasanya kamu harus membersihkan sepatu dengan memerhatikan hal berikut ini :
  1. Pastikan nodanya kering
  2. Janganlah direndam
  3. Tidak dengan mesin cuci
  4. Bersihkan bagian dalam, langkahnya : usap sepatu dengan alcohol atau tea tree oil atau bedak anti jamur lalu elap dengan elap kering.
  5. Bersihkan berdasar pada type sepatu, langkahnya : ketahui type sepatu kamu terlebih dulu. Sebelumnya mengidentifikasinya, baiknya Kamu membaca 22 Jenis Type Sepatu dan Beberapa macam Bahan Sepatu Agar dapat mengerti type sepatu.
Sepatu berbahan suede 

Cara membersihkan sepatu dengan bahan suede yaitu dengan cara menyikatnya dengan lembut. Upayakan juga untuk tidaklah terlalu sering membersihkannya dengan air. Tetapi, bila nodanya tidaklah terlalu kronis, Kamu cukup menyikatnya denga sikat gigi sisa. Sikatlah sepatu dengan gerakan searah dengan serat berbahan, begitu struktur berbahan tidak rusak. Menyikat dengan gerakan bolak-balik dapat mengakibatkan kerusakan serat sepatu suede.

Perlu di perhatikan kalau sepatu suede yaitu sepatu yang mudah menyerap air, maka usahakan tidak memakainya saat musim hujan karena selain cepat mengakibatkan kerusakan serat struktur berbahan, sepatu suede juga condong lebih mudah bau bila sering terserang air.

Sepatu berbahan kanvas dan denim 

Cara membersihkan sepatu kanvas dan memiliki bahan denim alaha cara paling mudah dibersihkan. Bergantung dengan kandungan nodanya, bila hanya noda kecil dan debu, Kamu hanya perlu dengan memukul-mukul sepatu tak ada lagi kotoran dan debu yang melekat.

Tetapi untuk noda berat dan membandel, pakai air dan deterjen atau sabun colek untuk membersihkannya. Sikat dengan gerakan satu arah lalu cucilah sampai tak ada sisa deterjen yang ketinggalan, karena sisa deterjen dapat memudarkan warna sepatu canvas dan denim. Dan ingat jauhi juga untuk menjemurkannya dibawah cahaya matahari dengan cara segera agar warnanya tidak memudar.

Sepatu berbahan leather atau kulit 

Cara membersihkan sepatu memiliki bahan kulit, cukup bersihkan noda yang melekat pada sepatu dengan lap basah, lalu keringkan dengan lap kering yang lembut untuk menghindar timbulnya jamur. Idealnya Kamu dapat menyemir sepatu safety jakarta kulit minimum satu minggu sekali untuk menjaga warnanya.

Sepatu berbahan beludru 

Cara membersihkan sepatu memiliki bahan beludru atau sintesis yang lain, dapat diliat berdasar pada kotoran debu dan noda enteng yang dapat kamu sikat dengan lembut. Gosok dengan cara perlahan-lahan ke satu arah agar struktur berbahan tidak rusak dan kotoran noda itu tidak menebar ke bagian sepatu yang lain.

Bila sepatu beludru terlanjur basah, Kamu dapat memakai kain lembut yang kering untuk mengeringkannya. Pakai kain lembut itu untuk meminalisir kandungan air pada sepatu beludru lalu diangin-angin sampai kering atau sejuk. Jauhi menjemurkannya segera terkena cahaya matahari karena akan bikin berbahan rusak dan kaku.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment